Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Dunia Ikan

Daftar Harga Ikan Belanak Oktober 2018

Harga Ikan Belanak

Harga Ikan Belanak

Harga Ikan Belanak Segar – Belanak merupaka salah satu jenis ikan konsumsi yang hidup di laut, ikan ini banyak ditemukan di kawasan laut tropis dan subtropis yang memiliki bentuk mirip dengan ikan bandeng. Dalam bahasa inggris, ikan Belanak ini dikenal dengan nama ikan Blue-Spot Mullet atau dikenal juga dengan nama Blue-Tail Mullet. Ikan Belanak di perairan laut Indonesia termasuk ke dalam keluarga Genus Mungil, jenis ikan yang berasal dari suku Mugilidae ini yang memiliki banyak sekali nama sebutan di setiap negara-negara di dunia.

Nama-nama populer ikan Belanak di dunia diantaranya yaitu ikan gadah, gadeh, jumpul, bale belana, rapang dan juga ikan goru. Ikan Belanak sendiri dapat hidup di beberapa tempat seperti di muara sungai, dermaga, pelabuhan dan juga pantai. Ikan Belanak termasuk ke dalam kelompok bentopelagik, dimana ikan ini biasanya hidup di bagian dasar hingga di permukaan air. Ikan ini biasa hidup bergerombol dalam jumlah yang sangat banyak.

Secara umjum, ikan Belanak ini memiliki bentuk badan yang memanjang, sedikit rampaing dan terlihat gepeng. Pada bagia sirip punggungnya hanya terdiri dari satu jari-jari keras dan memiliki delapan jari-jari lemah. Pada bagian sirip di bagian duburnya memiliki warna putih kotor yang terdiri dari satu jari-jari keras dan memiliki sembilan jari-jari lemah.

Kemudian di bagian bibir yang berada di bagian atasnya terlihat lebih tebal jika dibandingkan dengan bibir bagian bawahnya, karena berfungsi untuk mencari makanan/organisme yang berada di dasar laut dan terbenam di dalam lumpur. Ciri lainnya dari ikan belanak ini yaitu memiliki gigi yang berukuran sangat kecil, bahkan pada spesies lain tidak terlihat sama sekali.

Di tubuh bagian belakangnya memiliki warna kehijauan atau berwarna abu kecoklatan, kemudian di bagian sisi tubuh dan perutnya berwarna keperakan. Selanjutnya, pada pinggiran belakang sirip ekornya berwarna kehitam-hitaman dan di bagian sirip dadanya terlihat warna spot biru Moolgarda delicatus. Jenis ikan belanak ini memiliki sisik cycloid atau ctenoid, kemudian di bagian ujung rahang bagian atasnya agak melengkung ke bawah dan akan terlihat jelas pada saat mulutnya tertutup.

Ikan belanak sangat senang hidup bergerombol dengan ikan lain di kawasan pantai atau perairang yang dangkal, ikan ini memiliki kebiasaan seperti ikan lumba-lumba dipermukaan untuk menghindari ancaman dari para predator. Berat tubuh dari kan belanak sendiri kurang dari  0,5 kg. habitat asli dari ikan belanak ini berada di sekitaran pantai dan ikan ini juga dapat hidup di air tawar. Penyebaran dari ikan belanak ini sangatlah luas yang meliputi kawasan Indo-Pacific, laut merah, perairan utara Jepang dan kawasan perairan Afrika selatan.

ikan belanak sendiri bisa digolongkan ke dalam jenis ikan herbivora, karena ikan ini sering makan tumbuhan yang hidup di laut atau lumpur seperti tanaman alga, alga biru, hifa jamur dan berbagai jenis tumbuhan air lainnya. Selai itu, ikan belanak juga sangat suka makan lumut dan juga berbagai jenis tumbuhan organik yang tumbuh di dasar muara sungai.

Penyebaran dari ikan mullet juga banyak ditemukan di perairan payau dan terkadang juga ditemukan di perairan air tawar. Ikan mullet sendiri pernah ditemukan di kawasan pasifik di Fiji, Kaledonia Baru, Samoa dan juga Australia. Sedangkan di Asia, ikan ini banyak ditemukan di beberapa negara seperti di Indonesia, Malaysia, Filipina, India dan juga Sri Lanka.

Banyak sekali masyarakat yang suka mengkonsumsi ikan Belanak ini, karena rasa daging ikannya yang sangat enak dan gurih. Selain itu, banyak sekali manfaat mengkonsumsi ikan belanak ini bagi kesehatan tubuh. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang mempercayai jika ikan belanak ini sangat berkhasiat untuk mengobati penyakit. Hal ini dikarenakan, di dalam daging ikan belanak memiliki banyak sekali kandugan gizi dan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Selamat Datang di Duniaikan.com

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*

Harga ikan belanak sediri dipasaran cukup terjangkau, sehingga hampir semua kalangan masyarakat sering membelinya untuk dijadikan sebagai ikan konsumsi sehari-hari. Sebelum kami mengulas tentang harga ikan belanak, tidak kelah pentingnya jika anda mengetahui manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi ikan belanak bagi kesehatan.

Manfaat Ikan Belanak Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Dapat Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Ikan belanak sangat bermanfaat untuk menyembuhan luka dengan cepat seperti luka terjatuh, luka sayat dan juga luka bekas operasi. Hal ini dikarenakan, kandungan protein yang terkandung di dalam ikan dapat membantu proses regenerasi sel-sel yang terdapat dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi ikan belanak ini, maka luka akan cepat tertutup kembali.

  1. Dapat Menghidrasi Tubuh

Mengkonsumsi ikan belanak sangat baik untuk menghidrasi tubuh, karena kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada daging ikan belanak ini sama seperti ikan bandeng yang mampu menghidrasi tubuh agar terhindar dari gejala dehidrasi akibat kekurangan cairan dalam tubuh.

  1. Menambah Stamina Tubuh

Manfaat mengkonsumsi ikan belanak sangat baik untuk menambah stamina tubuh, karena di dalam ikan belanak ini mengandung karbohidrat yang cukup tinggi sebagai sumber energi nuntuk tubuh. Selain itu di dalam daging ikan belanak mengadung kalium dan magnesium yang dapat membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh, sehingga tubuh akan menjadi lebih berstamina.

  1. Mencerdaskan Otak Anak

Ikan belanak juga tidak hanya baik dikonsumsi oleh orang dewasa saja, tetapi juga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak untuk mendukung tumbuh kembangnya terutama otak. Hal ini dikarenakan, di dalam daging ikan belanak ini mengandung asam lemak omega 3 dan 6 yang mampu meningkatkan kecerdasan otak dan konsentrasi anak.

Selain itu, mengkonsumsi ikan belanak juga dapat mencegah terjadinya penurunan daya ingat atau mencegah kepikunan pada orang tua. Maka untuk mencegah kepikunan di masa tua, tidak ada salahnya jika mengkonsumsi ikan belanak sejak dini.

  1. Memelihara Kesehatan Kulit Dan Rambut

Mengkonsumsi ikan belanak sangat baik untuk menutrisi kulit dan rambut, karena di dalam ikan belanak ini kaya aka kandungan vitamin E yang sangat baik untuk kulit dan rambut. Dengan rutin mengkonsumsi ikan belanak, maka kesehatan kulit dan rambut akan terjaga seperti mencega penuaan dini serta mencegah rambut rontok.

  1. Baik Untuk Kesehatan Pencernaan

Di dalam daging ikan belanak juga mengandung serat yang cukup tinggi, kandugan serat yang terdapat pada ikan belanak ini sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah berbagai gangguan pada pencernaan seperti sembelit dan susah BAB.

Setelah mengetahui beragam manfaat dari ikan belanak ini, jangan ragu untuk mengkonsumsi ikan belanak secara rutin. Banyaknya manfaat yang bisa didapatkan, tak heran jika ikan belanak ini banyak dicari dan disukai oleh semua kalangan masyarakat.

Untuk harga ikan belanak dipasaran cukup terjangkau yaitu sekitar Rp. 50.000 per kilogram. Namun harga di setiap kota mungkin akan berbeda-beda, maka kami akan bagikan informasi terbaru mengenai harga ikan belanak terbaru di tiap-tiap kota yang telah kami cantumkan pada tebal dibawah berikut ini,

Daftar Harga Ikan Belanak Di Tiap Kota Di Indonesia

Daftar Olahan Ikan Belanak Harga
Ikan Asin Belanak Asin Balanak Rp70.000
Ikan Asin Belanak Khas Bangka Belitung 1 Kg Rp42.000
Ikan Belanak Segar Rp.45.000

Bagaimana, apakah anda berminat untuk membeli ikan belanak?

Itulah informasi yang dapat kami bagikan kepada anda semua mengenai harga ikan belanak di Indonesia, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • harga ikan belanak
  • harga ikam belanak
  • gambar ikan tawar belanak
  • harga ikan asap belanak
  • harga ikan belanak 1 kg
  • harga perkilo ikan belanak
  • harga satu kilo ikan belanak
Daftar Harga Ikan Belanak Oktober 2018 | Dolpin | 4.5
/* */