Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Dunia Ikan

Daftar Harga Bibit Ikan Lele Terbaru Oktober 2018

Harga Bibit Ikan Lele

Harga Bibit Ikan Lele

Harga Bibit Ikan Lele – Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan konsumsi air tawar yang diskusi oleh banyak kalangan masyarakat, karena daging ikan lele memiliki rasa yang lezat dan gurih serta mengandung protein yang sangat tinggi di dalamnya. Permintaan pasar setiap tahun terus mengalami kenaikan yang cukup signifikan, sehingga usaha budidaya ikan lele menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan dan dilirik banyak kalangan. Maka dari itu, tak heran jika saat ini ada banyak sekali para petani ikan lele yang ada di Indonesia

Ikan lele termasuk jenis ikan yang mampu bertahan hidup di dalam kualitas air yang kurang baik, bahkan ikan lele ini mampu bertahan hidup cukup lama di dalam lumpur. Meski demikian, jika ikan lele ini kurang mendapatkan perhatian dalam lingkungannya dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya. Terutama jika memelihara ikan lele untuk tujuan usaha, maka sudah pasti kita akan rugi apalagi seperti yang kita tahu jika ikan lele memiliki sifat kanibal apabila kurang mendapatkan makanan dalam jumlah cukup setiap harinya. Maka untuk mendapatkan hasil panen yang optimal dari usaha budidayakan ikan lele yang sedang anda jalankan, selain memperhatikan kualitas air yang digunakan anda juga harus memperhatikan jenis dan jadwal pemberian pakan ikan lele setiap harinya.

Selain itu, hal penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan budidaya ikan lele agar hasil panen yang didapatkan optimal yaitu pemilihan bibit ikan lele yang tepat. Ada beberapa jenis bibit ikan lele uang bisa digunakan, setiap jenis bibit ikan lele memiliki karakteristik dan tingkat pertumbuhan yang berbeda-beda. Bahkan harga bibit ikan lele sendiri cukup bervariasi, tergantung dari jenis-jenisnya.

Jenis – Jenis Bibit ikan Lele

Ada banyak sekali jenis ikan lele yang dapat dijadikan sebagai bibit untuk dipelihara dan dibudidayakan. Sebelum anda mulai melakukan usaha budidaya ikan lele, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis bibit ikan yang dapat dipelihara dan juga harganya. Berikut ini beberapa jenis bibit ikan lele yang populer dibudidaayakan di Indonesia, diantaranya yaitu :

  1. Bibit Ikan Lele Lokal (Lele Kampung)

Bibit Ikan Lele Lokal (Lele Kampung)

Di Indonesia, ikan lele jenis lokal atau yang lebih dikenal dengan sebutan lele kampung ini ternyata memiliki nama sebutan berbeda-beda di setiap daerahnya masih-masing, diantaranya seperti di Sumatera disebut dengan ikan Kalang, di Padang ikan lele disebut dengan ikan Keli, di Aceh ikan lele disebut dengan ikan Maut, di Kalimantan Selatan ikan lele dikenal dengan nama ikan Petet, di Makasar ikan lele disebut dengan ikan Keling. Di Bugis ikan lele dikenal dengan nama ikan Cep, di Pulau Jawa ikan lele konsumsi yang satu ini dikenal dengan nama sebutan ikan lele atau ikan Lindi.

Saat ini bibit ikan lele lokal kurang diminati oleh para pembudidaya, karena ikan lele lokal kalah bersaing dengan jenis ikan lele lainnya. Pertumbuhan dari ikan lele lokal atau lele kampung ini sangat lambat, sehingga membuat para pembudidaya ikan lele merugi akibat konsumsi pakan yang cukup tinggi. Namun dibalik kekurangannya tersebut, daging ikan lele lokal memiliki kandungan protein yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan lele lainnya.

  1. Bibit Ikan Lele Dumbo

Bibit Ikan Lele Dumbo

Dulu ikan lele dumbo memang pernah menjadi primadona bagi para petani pembudidaya ikan lele, karena bibit ikan lele dumbo memiliki pertumbuhan yang cepat dan ukuran tubuhnya relatif lebih besar. Itulah alasan kenapa bibit ikan lele dumbo pernah menjadi bibit unggulan dikalangan para pembudidaya. Bibit ikan lele dumbo sendiri dihasilkan dari proses kawin silang antara jenis ikan lele yang berasal dari Taiwan (Clarias Fuscus) dengan jenis lele yang berasal dari Afrika (Clarias Fuscus). Harga bibit ikan lele dumbo sendiri cukup bervariasi tergnatung dari ukurannya.

Selamat Datang di Duniaikan.com

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*
  1. Bibit Ikan Lele Phyton

Bibit Ikan Lele Phyton

Bibit ikan lele jenis Phyton juga cukup diminati oleh para pembudidaya ikan lele di Indonesia, karena ikan lele phyton memiliki pergerakan yang sangat lincah, tangguh dan tahan terhadap serangan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Selain itu, rasa dari daging ikan lele phyton juga tidak kalah enak dengan lele lokal. Bibit ikan lele phyton ini merupakan hasil dari persilangan antara ikan lele lokal jantan dengan ikan lele Thailand betina. Kelebihan dari ikan lele phyton ini memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dari ikan lele lokal dan dapat mencapai ukuran tubuh yang besar.

  1. Bibit Ikan Lele Sangkuriang

Bibit Ikan Lele Sangkuriang

Bibit ikan lele unggulan lainnya yang populer di budidayakan di Indonesia yaitu ikan lele Sangkuriang, bahkan saat ini ikan lele sangkuriang menjadi primadona. Ikan lele Sangkuriang merupakan jenis ikan lele yang dihasilkan dari perkawinan silang dari proses rekayasa genetik yang dilakukan oleh BBPST dengan proses yang cukup rumit.

Ikan lele sangkuriang ini pertama kali terciptakan dari hasil silang balik antara ikan lele dumo F6 dengan lele dumbo F2, sehingga menghasilkan ikan lele F2-6, kemudian ikan lele jenis ini dikawinkan lagi dengan ikan lele dumbo F2 dan hasilnya terciptalah lele sangkuriang yang merupakan hasil dari persilangan tersebut.

Keunggulan dari ikan lele Sangkuriang ini yaitu memiliki pertumbuhan yang sangat cepat, ukuran tubuh yang besar, daging yang tebal dan lezat. Selain itu, harga bibit ikan lele Sangkuriang cukup terjangkau sehingga bibit ikan lele sangkuriang ini sering digunakan oleh para pembudidaya ikan lele di Indonesia.

  1. Bibit Ikan Lele Mutiara

Bibit Ikan Lele Mutiara

Mungkin sebagian dari ada terutama bagi anda yang masih pemula cukup asing mendengar nama dari bibit ikan lele Mutiara. Sebenarnya tidak berbeda jauh antara ikan lele sangkuriang dengan ikan lele mutiara, karena sama-sama hasil dari budidaya ikan lele yang berasal dari peternakan ikan lele yang ada di Jawa Barat. Jika berbiacara mengenai kualitas, bibit ikan lele mutiara juga tidak kalah bagus dan berkualitas degan bibit ikan lele sangkuriang, begitu pun dengan harga bibit ikan lele mutiara yang juga cukup terjangkau.

Dalam proses persilangan yang dilakukan untuk menghasilkan ikan lele Mutiara ini dilakukan dengan cara mengkawin silangkan antara lele dumbo lokal, lele sangkuriang, lele phyton dan lele mesir. Dari hasil persilangan tersebut menghasilkan varietas ikan lele mutiara yang dikenal memiliki pertumbuhan yang sangat cepat dan memiliki ukuran tubuh yang besar.

Bagi anda yang tertarik untuk belajar melakukan budidaya ikan lele dan sedang mencari informasi mengenai harga bibit ikan lele dari semua jenis terbaru. Maka anda bisa lihat informasi lengkap mengenai harga bibit ikan lele semua jenis dibawah berikut ini.

Daftar Harga Bibit Ikan Lele Semua Jenis Terbaru

Ukuran Bibit Volume/Jumlah Harga
2-3 cm 8.000 ekor Rp 1.000.000
3-4 cm 6.000 ekor Rp 1.050.000
3-5 cm 5.000 ekor Rp 1.100.000
4-6 cm 4.000 ekor Rp 1.150.000
5-7 cm 3.000 ekor Rp 1.300.000

Note

  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Itulah tadi informasi yang dapat kami bagikan kepada anda semua yang sedang mencari info mengenai harga bibit ikan lele terbaru. Semoga apa yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi anda semua dan semoga usaha budidaya ikan lele yang sedang anda jalankan semakin sukses.

Daftar Harga Bibit Ikan Lele Terbaru Oktober 2018 | Dolpin | 4.5
/* */