30 Cara Mudah Merawat Ikan Cupang Terbaru 2017

Saturday, October 15th, 2016 - IKAN HIAS

Duniaikan.com – Cara Merawat Ikan Cupang, Bagi anda yang hobi memelihara ikan hias air tawar, pastinya anda semua sudah kenal dengan ikan cupang. Jenis Ikan hias air tawar yang satu ini memang sangat cocok untuk dipelihara di dalam akuarium, karena ikan hias ini memiliki warna dan bentuk sirip yang indah serta bentuknya juga cukup beragam. Namun bagi anda yang masih pemula dan belum pernah memelihara ikan hias sama sekali, maka sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu tata cara dalam memelihara ikan hias karena setiap ikan hias air tawar memiliki karakteristik yang berbeda-beda termasuk ikan cupang. Maka dari itu, kami akan sedikit membagikan tips dalam merawat ikan cupang dengan baik dan benar.

Cara Merawat Ikan Cupang

Cara Merawat Ikan Cupang

Tips dan Cara Merawat Ikan Cupang Yang Benar

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus anda lakukan saat memelihara ikan cupang, meliputi :

1. Pemberian Pakan Ikan Cupang

Pemberian Pakan Ikan Cupang

Pemberian Pakan Ikan Cupang

Ikan cupang yang kita pelihara sebaiknya diberikan pakan dengan jenis pakan alami seperti kutu air dua kali sehari dalam jumlah secukupnya,  pemberian pakan dapat dilakukan dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Jumlah pakan yang diberikan sebaiknya tidak berlebihan, karena jika berlebihan dikhawatirkan pakan akan tersisa dan membusuk di dalam air. Jika hal ini terjadi, maka kualitas air di dalam akuarium akan menjadi tercemari dan bisa menyebabkan ikan sakit dan akhirnya ikan bisa mati.

Cara pemberian pakan ikan cupang menggunakan kutu air dapat dilakukan dengan menggunakan sendok the agar jumlah pakan yang diberikan bisa dikira-kira takarannya. Selai diberi jenis pakan kutu air, ikan cupang juga dapat diberikan pakan tambahan seperti jentik nyamuk. Jenis pakan dari jantik nyamuk ini bisa kita berikan dua hari sekali atau juga dapat dijadikan sebagai pakan utama asalkan usia dari ikan cupang yang dipelihara sudah dewasa. Makanan lain yang baik untuk diberikan yaitu seperti cacing sutra, cacing rambut dan juga cacing darah. Namun takarannya harus diperhatikan dengan baik, karena jika diberikan secara berlebihan bisa berakibat fatal terhadap ikan cupang kesayangan kita.

2. Perawatan Akuarium Ikan Cupang

perawatan-akuarium-ikan-cupang

Akuarium adalah tempat yang sangat baik untuk memelihara ikan cupang, namun jika kita belum memeliki akuarium tidak ada salahnya jika menggunakan botol kaca yang berukuran cukup besar. Cupang akan sangat senang jika ditempatkan pada tempat yang berukuran besar, sehingga mereka bisa berenang kesana kemari dengan bebas dan dapat mencegah ikan cupang mengalami stres. Untuk perawatan hariannya, kita harus rutin mengganti air di dalam akuarium dengan air yang baru dan bersih minimal 2-3 kali seminggu. namun air yang diganti tidak harus semuanya, tetapi cukup 50% nya saja. Panggantian air akuarium secara keseluruhan dapat dilakukan minimal 1 minggu sekali, lalu akuarium juga harus dibersihkan dari sisa-sisa makanan dan juga kotoran ikan yang mengendap di dasar akuarium. Pastikan anda tidak menggunakan sabun saat membersihkannya.

Setelah membersihkan akuarium, maka akuarium jangan langsung diisi dengan air dan langsung memasukan ikan cupang yang kita pelihara. Jemur terlebih dahulu akuariuam agar semua kuman dan bakteri yang ada di dalamnya mati, biarkan sekitar 30 menit sebelum akuarium di isi air dan digunakan kembali. Cara efektif lainnya untuk membunuh bakteri di dalam akuarium yaitu merendam akuarium menggunakan PK dengan dosis tinggi sekitar 1-2 jam, selanjutnya akuarium dibersihkan dengan air mengalir dan kemudian jemur dibawah terik matahari hingga kering. Penggantian air akuarium ini sebaiknya jangan sampai telat atau lebih dari 1 minggu, karena jika dibiarkan ikan-ikan akan mati keracunan akibat kotoran dan bakteri yang telah mencemari air di dalam akuarium.

3. Penanganan Penyakit Ikan Cupang 

Penanganan Penyakit Ikan Cupang

Penanganan Penyakit Ikan Cupang

Jenis-jenis penyakit yang sering kali menyerang ikan cupang diantaranya seperti  white spot, velvet, busung dan juga berak putih. Untuk mengetahui cara penanganannya bisa anda simak dibawah berikut ini.

  • Penyakit White Spot

Jika ikan cupang yang kita pelihara terkena penyakit yang ditandai dengan bercak-bercak putih diseluruh tubunya menandakan jika ikan cupang tersebut terserang jenis penyakit white spot. Cara untuk mengatasi penyakit ini kita bisa berikan obat anti bakteri bernama Bliz Id. Cara pemberian obat tersebut dapat dilakukan dengan cara meneteskan obat tersebut pada air akuarium, dosis yang diberikan yaitu sekitar 4 tetes pada air sebanyak 4 liter. Selain dengan menggunakan jenis obat anti bakteri, cara mengatasi penyakit White Spot tersebut juga dapat dilakukan dengan garam dapur yang biasa diguanakan untuk memasak. Cara pengobatannya yaitu dengan menaburkan satu sendok garam dapur ke dalam akuarium atau juga dapat dilakukan dengan cara membiarkan ikan yang terserang penyakit di dalam baskom yang berisi air garam, takaran garam yang digunakan yaitu sekitar 2-3 sendok makan garam untuk 1 liter air. Pengobatan ini sebaiknya jangan dilakukan terlalu lama karena reaksi dari obat ini sangat cepat, maka cukup beberapa detik saja dan masukan kembali ikan kedalam akuarium.

  • Penyakit Velvet Ikan Cupang

Jenis panyakit berikutnya yang sering menyerang ikan cupang yaitu penyakit valbet, tanda-tanda ikan yang terserang penyakit ini yaitu sirip ikan akan menguncup. Penyakit ini disebabkan oleh parasit bernama Saproglenia sp. penyakit Velvet ini dapat di obati dengan jenis obat anti bakteri yang dapat dengan mudah diperoleh di toko-toko peternakan, slah satu jenis obat anti bakteri yan dapat digunakan yaitu Blitch itch. Cara pemberian obat ini yaitu siapkan 4 liter air bersih, lalu tambahkan 4 tetes obat Blitch itch dan juga 4 sendok teh garam dapur kemudian aduk rata hingga garam dapur larut. Setelah itu, masukan ikan ke dalam baskom tersebut selama beberapa 5-10 menit saja, lalu masukan kembali ikan ke dalam akuarium.

Selain itu, cara pengobatan ikan yang terkena jenis penyakit valvet juga dapat diobati dengan menggunakan obat anti bakteri seperti Root Stop atau Fishmate. Cara penggunaannya yaitu dengan meneteskan obat tersebut sekitar 0.3-0.5 ml ke dalam 4 liter air yang telah disiapkan pada wadah baskom, lalu masukan ikan cupang tersebut selama 10 menit dan angkat lalu masukan kembali ikan ke dalam akuarium.

  • Penyakit Busung Ikan Cupang

Penyakit busung adalah jenis penyakit ikan yang cukup sulit untuk di deteksi, karena jenis penyakit ini sering menyerang langsung ke bagian dalam organ tubuh ikan cupang. Tanda-tanda ikan cupang yang terjangkit penyakit busung yaitu terlihat pada bagian perut ikan yang membusung atau buncit, penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella sp yang terdapat di dalam tubuh ikan. Cara pengobatannya yaitu dapat dilakukan dengan merendam ikan cupang ke dalam air yang berisi larutan Flagil 500, proses perendaman dapat dilakukan selama 1-2 jam.

  • Penyakit Berak Putih Ikan Cupang

Berak putih adalah jenis penyakit yang dapat menyerang ikan cupang, tanda-tanda ikan cupang yang terjangkit penyakit ini yaitu terlihat dari warna kotoran yang dikeluarkan berwarna putih. Penyakit ini disebabkan oleh cacing Ascaris sp, meskipun penyakit ini tidak dapat berakibat kematian pada ikan namun harus segera diobati. Cara pengobatan dari penyakit ini yaitu dengan memberikan obat cacing khusus untuk ikan seperti Verominox atau Worm x yang telah dicampur dengan air. Pemberian obat ini dapat diberikan dengan dosis 1 tetes yang dicampur dengan 5 liter air, masukan ikan cupang ke dalam air tersebut selama 1-2 jam, lakukan setiap hari sampai ikan sembuh.

Baca Juga :

Bagaimana, mudah bukan cara merawatnya?

Sekian ulasan tentang cara merawat ikan cupang yang baik, semoga informasi yang telah Duniaikan.com jelaskan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua.

Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa 😀

Incoming search terms:

  • cara merawat ikan cupang
  • cara merawat ikan cupan
  • cara memelihara ikan cupang
  • cara merawat cupang
  • perawatan ikan cupang
  • merawat ikan cupang
  • perawatan ikan cupan
  • cara perawatan ikan cupang
  • cara merawat ikan cupang hias
  • cara merawat ikan
30 Cara Mudah Merawat Ikan Cupang Terbaru 2017 | Dolpin | 4.5