6 Cara Budidaya Ikan Koki Terbaru dan Terbaik

Friday, November 11th, 2016 - BUDIDAYA IKAN, IKAN, IKAN HIAS
Cara Budidaya Ikan Koki

Cara Budidaya Ikan Koki

Cara Budidaya Ikan Koki – Ikan koki adalah jenis ikan hias yang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan koki memang memiliki nilai komersial yang cukup tinggi dan terdiri dari banyak jenis, sehingga budidaya ikan koki dapat menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan jika dijalankan dengan baik.

Bagi anda yang tertarik ingin mencoba budidaya ikan koki, Dunia.com telah siapkan panduan cara budidaya ikan koki dibawah berikut ini:

  1. Pemilihan Indukan Ikan Koi
ikan koki

ikan koki

Pemilihan indukan memang sangat penting untuk perhatikan, karena bibit indukan unggulan dapat menunjang keberhasilan dalam usaha budidaya ikan koki. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih indukan ikan koki yang baik, yaitu :

  • Indukan yang sudah siap dilakukan pemijahan memiliki ukuran minimal sekitar 7 cm atau berumur sekitar 7 bulan ke atas.
  • Pilih indukan yang memiliki betuk tubuh bulat, memiliki bentuk ekor yang lebar, memiliki sirip tegak pada saat bergerak, ukuran kepala kecil dan memiliki sisik yang sangat indah dan tidak mudah rontok.
  • Jika ingin mendapatkan anakan atau benih larva dengan warna yang beragam, maka pastikan warna indukan berwarna polos dan berbeda warna antara indukan jantan maupun betina.
  • Indukan yang sudah siap dipijahkan harus bertubuh sehat, memiliki pergerakan yang lincah dan matang gonad.
  1. Ciri-ciri Indukan Ikan Koki Jantan dan Betina
Indukan Koki Jantan dan Betina

Indukan Koki Jantan dan Betina

Untuk anda yang masih pemula, sengat penting untuk mengetahui ciri-ciri dari indukan ikan koki jantan dan betina. Untuk menbedakannya, anda bisa kenali ciri-cirinya berikut ini.

Baca juga:

Indukan Jantan

  • Jika perutnya diurut dari depan ke belakang, ikan koki jantan akan mengeluarkan cairan sperma berwarna putih seperti susu.
  • Pada bagian tutup insangnya terdapat sebuah benjolan berukuran kecil berwana putih adan terkadang juga terdapat pada bagian jari-jari pertama pada bagian sirip dadanya.
  • Memiliki dubur berbentuk oval dan berukuran kecil

Indukan Betina

  • Jika pada bagian perutnya diurut akan mengeluarkan telur berwarna kuning
  • Bentuk perut lebih besar
  • Memiliki budur berukuran besar dan berbentuk bulat
  1. Cara Pemijahan Ikan Koi
Cara Pemijahan Ikan Koki

Cara Pemijahan Ikan Koki

Tehnik pemijahan memang hal yang paling sulit dalam dunia budidaya ikan, khususnya budidaya ikan koki. Untuk melakukan pemijahan pada ikan koki, sebaiknya gunakan akuarium atau kolam yang bersih. Isi akuarium dengan air dan diamkan selama 24 jam. Setelah itu, letakan tanaman eceng gondok yang telah dibersihkan di dalam akuarium yang nantinya dapat digunakan untuk meletakan telur-telur ikan.

Selanjutnya, pilih indukan ikan koki yang sudah matang gonad dan masukan ke dalam akuarium, biarkan sampai pasangan ikan saling melakukan pemijahan. Proses pemijahan biasanya berlangsung pada sore hari, keesokan harinya biasanya indukan sudah bertelur dan telur-telur tersebut akan menempel pada akar eceng gondok. Setelah itu, segera angkat indukan dan pindahkan pada kolam pemeliharaan agar bisa dilakukan proses pemijahan pada bulan berikutnya.

Biarkan telur-telur yang ada pada akuarium hingga menetas, proses penetasan telur ikan koki biasanya akan berlangsung selama 2-3 hari. Selama proses penetasan, pastikan suhu air pada akuarium sekitar 24-28°C. Agar mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya pasang aerator untuk meningkatkan sumber oksigen agar asupan oksigen pada larva yang ada di dalam telur bisa tercukupi dengan baik.

  1. Pemeliharaan Benih Ikan Koki
benih ikan hias Koki

benih ikan hias Koki

Setelah semua telur-telur tersebut menetas dan menjadi larva, maka hingga umur 3 hari benih larva tersebut tidak perlu diberi makan, karena mereka sudah memiliki cadangan makan sendiri di dalam tubuhnya berupa kuning telur. Setelah berumur lebih dari 3 hari, maka benih ikan koki ini sudah bisa diberi makan dengan jenis pakan berupa kutu air yang telah dilakukan penyaringan terlebih dahulu.

Setelah larva berumur 15 hari, benih ikan sudah dapat diberi pakan berupa cacing rambut sebagai pakan tambahan selain diberi pakan kutu air. Pastikan juga ketinggian air pada akuarium selalu terjaga sekitar 10-15 cm, ganti air akuarium setiap seminggu sekali dan air yang akan digunakan sebaiknya di endapkan terlebih dahulu selama 24 jam.

  1. Pembesaran Ikan Koki
Pembesaran Ikan Koki

Pembesaran Ikan Koki

Proses pembesaran ikan Koki sebaiknya dilakukan pada media kolam, karena pada suai sekitar 1 bulan sudah siap dipindahkan ke media kolam agar bisa terkena sinar matahari secara langsung. Lakukan pemeliharaan pada media kolam ini hingga berumur 4 bulan lebih.

  1. Pemberian Pakan Ikan Koki
Pemberian Pakan Ikan Koki

Pemberian Pakan Ikan Koki

Pastikan pemberian pakan tidak diberikan secara berlebihan, karena dapat mempengaruhi kualitas air. Dosis pemberian pakan sekitar 3-5 persen dari totol bobot tubuh ikan koki. Pakan yang diberikan dapat berupa pakan buatan atau pelet.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Budidaya Ikan Koki, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Incoming search terms:

  • budidaya ikan koki
  • cara budidaya ikan koki
  • pakan ikan koki saat proses pembesaran
  • budidaya koki
  • ternak ikan koki
  • ikan koki
  • cara beternak ikan koki
  • cara ternak ikan koki
  • beternak ikan koki
  • ikan koki termahal
/* */