Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Dunia Ikan

5 Cara Budidaya Ikan Gurame Hingga Menghasilkan

Budidaya Ikan Gurame

Budidaya Ikan Gurame

Bisnis Budidaya Ikan Gurame memang saat ini sedang populer di kalangan masyarakat, karena setiap tahun permintaan pasokan dari ikan gurame terus mengalami peningkatan yang cukup siginifikan tetapi produksinya masih jauh dari kata cukup. Maka tak heran jika harga ikan gurame dipasaran masih sangat stabil, sehingga bisnis ini sangat layak untuk dijadikan pertimbangan bagi anda yang sedang mencari peluang usaha menjanjikan saat ini.

Harga ikan gurame juga bisa dibilang lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya. Selain memiliki potensi yang sangat besar, bisnis budidaya ikan gurame juga masih memiliki banyak faktor pendukung yang memadai. Lahan yang masih cukup luas, analisa dan informasi tentang teknik budidaya yang mudah untuk diperoleh, ketersediaan pakan yang selalu tersedia sepanjang waktu dan juga benih berkualitas yang mudah di dapat baik melalui para pelaku budidaya lain maupun dari Balai Benih Induk (BBI) yang disediakan oleh pemerintah.

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Gurame 

Bagi anda yang tertarik untuk memulai bisnis budidaya ikan gurame, Duniaikan.com telah siapkan panduan cara budidaya ikan gurame yang baik untuk pemula dibawah berikut ini.

  1. Pemilihan Lokasi Budidaya Ikan Gurame
Pemilihan Lokasi Budidaya Ikan Gurame

Pemilihan Lokasi Budidaya Ikan Gurame

Ikan gurame memang bisa hidup dengan baik di berbagai tempat, namun tetap saja kita harus memperhatikan kondisi lahan yang akan digunakan untuk membudidayakan ika gurame karena dapat mempengaruhi tingkat pertumbuhan dan perkembangannya. Terdapat beberapa faktor penting yang harus diperhatikan dalam menentukan lahan yang baik untuk menunjang keberhasilan dalam membudidayakan ikan gurame, yaitu seperti kondisi tanah, kondisi air dan juga oksigen.

Berikut ini merupakan beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam pemilihan lahan yang baik untuk keberlangsungan hidup gurame, yaitu :

  • Pastikan ketinggian air berkisar antara 20-500 meter dpl
  • Memiliki pH sekitar 6.5-7 dengan tingkat kesadahan 7 HD
  • Lokasi lahan sebaiknya memiliki suhu sekitar 25-28 derajat celcius
  • Buatlah kolam pada lokasi yang memiliki tanah bertekstur liat dan gempur yang memiliki kandungan pasir sekitar 40%
  • Kadar oksigen yang mencukupi
  • Pastikan air kolam mengandung mineral tinggi dan zat-zat hara
  1. Persiapan Kolam Budidaya Ikan Gurame
Persiapan Kolam Budidaya Ikan Gurami

Persiapan Kolam Budidaya Ikan Gurame

Sebelum kita mulai melakukan budidaya ikan gurame, sebaiknya kita memperhatikan beberapa hal yang harus dipersiapkan. Pertama-tama kita persiapkan terlebih dahulu lokasi kolam yang baik, karena kondisi kolam yang baik dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam menjalankan usaha budidaya gurame. ada beberapa tipe kolam yang harus dipersiapkan, yaitu meliputi :

  • Kolam Perawatan Indukan

Tipe kolam ini digunakan untuk mempersiapkan proses pematangan telur dan juga pemeliharaan indukan gurame. Tipe kolam ini dibuat dari kolam tanah dengan luas kolam 10 meter persegi, tingkat kedalaman kolam tidak kurang dari 50 cm dengan tingkat kepadatan kolam dapat di isi dengan 20 ekor indukan betina dan 10 ekor indukan jantan.

  • Kolam Pemijahan

proses-pembenihan-ikan-gurame-2

Kolam pemijahan ini berfungsi untuk melakukan proses pemijahan, kolam pemijahan ini masih menggunakan kolam tanah dengan ukuran kolam 200-300 meter persegi. Pada kolam pemijahan ini, untuk satu ekor indukan gurame membutuhkan luas sekitar 2-10 meter dengan suhu air idealnya berkisar antara 24-28 derajat celcius dan dengan tingkat kedalaman kolam berkisar antara 75-100 meter persegi.

  • Kolam Pembenihan

Kolam ini digunakan untuk proses pembenihan, luas kolam yang dibutuhkan yaitu sekitar 50-100 meter persegi dengan tingkat kedalaman berkisar antara 30-50 cm. ukuran kolam tersebut hanya dapat menampung kapasitas maksimal 50 ekor ikan gurame.

Selamat Datang di Duniaikan.com

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*
  • Kolam Pembesaran

Setelah benih ikan gurame sudah cukup besar, maka harus segera dipindahkan dari kolam pembenihan ke kolam pembesaran agar pertumbuhannya lebih cepat dan maksimal. Untuk kepadatannya, pada proses pembesaran sebaiknya kolam ukuran 1 meter persegi di isi tidak lebih dari 10 ekor ikan gurame. hal ini bertujuan agar proses pembesaran dapat dilakukan dengan baik dan hasilnya maksimal

  • Kolam Pembersihan

Tipe kolam pemberokan merupakan tipe kolam yang digunakan untuk membersihkan tubuh ikan dari kotoran yang melekat pada tubuhnya, proses pembersihan ini dilakukan sebelum ikan gurami dipasarkan. Kolam pembersihan sebaiknya dibuat dari kolam semen dan disediakan air yang mengalir, sehingga ikan gurame yang sudah siap dipasarkan terlihat bersih dan sehat.

Selain mempersiapkan beberapa tipe kolam, anda juga perlu mempersiapkan beberapa sarana penunjang sebelum memulai budidaya ikan gurame seperti tempat untuk bertelur, aerator, peralatan pengangkut, peralatan untuk panen dan berbagai perlengkapan budidaya ikan lainnya yang dibutuhkan.

  1. Proses Pembenihan Ikan Gurame
Proses Pembenihan Ikan Gurame

Proses Pembenihan Ikan Gurame

Proses pembenihan ikan gurame harus dilakukan kegiatan meliputi pemeliharaan indukan, proses pemijahan, proses penetasan telur dan juga pemeliharaan serta perawatan larva hingga berukuran 4 cm. untuk larva yang telah berumur 12-30 hari harus dilakukan perawatan ekstra sampai beratnya mencapai 10-15 gram atau sekitar umur 4 bulan. Setelah itu, benih ikan sudah siap untuk di dederkan.

  1. Pendederan Ikan Gurame
Pendederan Ikan Gurame

Pendederan Ikan Gurame

Proses pendederan ini dilakukan pada benih yang berukuran 10-15 gram per ekor sampai ukurannya mencapai berat 150 gram per ekor atau berumur sekitar 6 bulan. Namun ada juga beberapa petani yang melakukan pendederan ini dimulai sejak berat ikan sekitar 15-30 gram dan ada juga yang melakukannya dimulai dari benih larva.

  1. Proses Pembesaran Ikan Gurame
Proses Pembesaran Ikan Gurame

Proses Pembesaran Ikan Gurame

Proses pembesaran ini dilakukan setelah benih ikan dilakukan pendederan selama waktu yang sudah ditentukan, proses pembesaran ini dilakukan hingga berat ikan gurame mencapai ukuran rata-rata 500 gram per ekor. Sedangkan untuk batas waktu pembesaran ikan gurame ini dapat dilakukan sampai mencapai berat yang diinginkan atau disesuaikan dengan permintaan pasar, karena tidak jarang pula ada konsumen yang menginginkan ukuran panen dengan berat diatas 1 kg per ekor.

  1. Masa Panen Ikan Gurame
Masa Panen Ikan Gurame

Masa Panen Ikan Gurame

Setelah ikan gurami yang dibudidayakan mencapai berat sesuai yang diinginkan, maka saatnya panen dilakukan. Proses pemanenan sebaiknya dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 05.00 – 08-00 agar kondisi ikan masih segar dan tidak stres saat di panen.

Langkah dalam melakukan proses pemanenan sebaiknya dilakukan dengan cara membuang semua air kolam dan pintu pemasukan air ditutup. Pembuangan air jangan sampai habis atau kering untuk mencegah ikan mengalami stres, setelah itu ikan gurame pun akan berkumpul pada pintu pembuangan air dan saatnya proses panen dilakukan dengan menggunakan alat yang telah dipersiapkan seperti serokan berukuran besar atau jaring.

Bagaimana, cukup mudah bukan?

Di dalam beternak atau budidaya ikan gurame memang sangat membutuhkan kesabaran, ketekunan dan konsisten dalam menjalankan usaha ini. Jika dijalankan dengan baik dan sungguh-sungguh maka hasil yang akan kita dapatkan bisa maksimal sesuai dengan harapan.

Mungkin cukup sekian informasi yang dapat kami sampaikan diatas mengenai cara budidaya ikan gurame yang baik untuk pemula, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda semua yang ingin belajar.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

5 Cara Budidaya Ikan Gurame Hingga Menghasilkan | Dolpin | 4.5
/* */