4 Cara Mudah Budidaya Ikan Discus yang Menguntungkan

Thursday, November 17th, 2016 - BUDIDAYA IKAN, IKAN, IKAN HIAS
Cara Budidaya Ikan Discus

Cara Budidaya Ikan Discus

Cara Mudah Budidaya Ikan Discus – Banyak orang yang masih mengalami kesulitan dalam menjalankan usaha budidaya ikan hias Discus ini, padahal mereka merasa sudah mempraktekkan semua melakukan cara budidaya dengan baik dan benar. Namun sebagian orang justru telah berhasil dan menikmati manisnya hasil dari penjualan ikan hias hasil budidaya yang mereka jalankan sebagai sebuah bisnis rumahan.

Cara budidaya ikan Discus memang membutuhkan pengetahuan yang cukup dan dijalankan dengan serius, sehingga hasil yang akan mereka dapatkan bisa maksimal sesuai dengan harapan. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas cara mudah budidaya ikan hias Discus bagi pemula yang mungkin masih kesulitan dalam menjalankan bisnis ini.

Tips Budidaya Ikan Discus

Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita simak panduan cara budidaya ikan hias Discus selengkapnya dibawah berikut ini.

Persiapan Tempat atau Habitat Ikan Discus

Persiapan Tempat atau Habitat Ikan Discus

Persiapan Tempat atau Habitat Ikan Discus

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum memulai budidaya ikan Discus yaitu akuarium yang akan dijadikan sebagai tempat atau habitat bagi ikan Discus. Namun sangat penting untuk anda ketahui bahwa ikan hias ini bisa hidup dan berkembang biak dengan baik di lokasi dengan kualitas air yang sehat, memiliki tingkat pH yang pas dan juga suhu sesuai dengan suhu pada habitat aslinya. Untuk menciptakan sebuah habitat buatan yang sesuai dengan kebutuhan ikan Discus tersebut, maka anda bisa menerapkan beberapa persiapan berikut ini.

  • Siapkan sebuah akuarium berukuran minimal 30 x 50 x 100 cm atau juga dapat menyesuaikannya dengan keinginan anda.
  • Setelah itu, isi akuarium dengan air yang bersih dan jernih dengan ketinggian air 25 cm.
  • Selanjutnya, larutkan 1 sendok garam dan masukan 1 lembar daun ketapang ke dalam akuarium.
  • Terakhir, pasang filter air dan diamkan selama 3 hari.

Penebaran Indukan Ikan Discus

Penebaran Indukan Ikan Discus

Penebaran Indukan Ikan Discus

Setelah kolam selesai dipersiapkan dan di diamkan selama 3 hari, maka indukan sudah siap untuk ditebar pada akuarium. Proses penebaran ini sebaiknya dilakukan pada pagi atau sero hari. Berikut ini beberapa tahapan dalam proses penebaran indukan, yaitu :

  • Pertama-tama siapkan wadah atau baskom, lalu taruh ikan discus pada bacom tersebut.
  • Setelah itu, masukan baskom yang berisi ikan Discus tersebut pada akuarium dan goyang-goyangkan secara perlahan sampai ikan-ikan masuk ke dalam akuarium.
  • Proses ini dikenal dengan sebutan aklimatisasi, lakukan proses ini minimal sekitar 10 menit.

Jumlah ikan diskus jantan dan betina yang ditebar harus sama banyaknya, untuk ukurannya sekitar 10-12 cm.

Pemeliharaan dan Pemberian Pakan Ikan Discus

Pemberian Pakan Ikan Discus

Pemberian Pakan Ikan Discus

Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses pemeliharaan dan pemberian pakan budidaya ikan Discus yang baik, yaitu :

  • Pemberian pakan dilakukan 2 kali sehari dan waktu yang paling baik yaitu pada pagi dan sore hari atau sekitar pukul 8 pagi dan 3 sore.
  • Jenis pakan dapat berupa pelet dan juga pemberian pakan tambahan berupa jentik nyamuk atau cacing sutra.
  • Pastikan pemberian pakan tidak berlebihan dan juga selalu jaga kualitas air agar terhindari dari berbagai serangan penyakit dan hama.

Pemijahan Ikan Discus

Pemijahan Ikan Discus

Pemijahan Ikan Discus

Di dalam melakukan proses pemijahan ikan Discus dibutuhkan ketelitian dan kesabaran, sehingga proses pemijahan ikan Discus bias berjalan dengan baik dan maksimal.

Tips Mudah Budidaya Ikan Discus

Hal pertama yang harus dipersiapkan yaitu sebuah paralon untuk dijadikan sebagai substrat pemijahan. Cara melakukan pemijahan ikan Discus ini yaitu dengan cara digantung pada bagian pojok akuarium. Indukan Discus yang sudah siap dilakukan proses pemijahan yaitu jika ikan suah berusia 12-18 bulan dan berukuran 11-14 cm. proses pemijahan ini dapat dilihat dari tanda pada indukan Discus jantan yang terus mengejar indukan betina dan akhirnya mereka melakukan pembuahan pada suatu tempat.

Baca juga:

Selanjutnya, indukan akan selalu menjaga telur-telur dan juga sperma yang sudah dilepaskan untuk proses pembuahan. Proses penetasan akan berlangsung selama 2-3 hari dan sudah dapat dipisahkan dari induknya setelah melalui fase larva selama 3 minggu dan 2 minggu setelah pembenihan. Ukurannya biasanya hanya sekitar setengah inci. Proses pemisahan ini sebaiknya dilakukan dengan penuh kehati-hatian karena masih sangat rawan.

Itulah penjelasan singkat mengenai Cara Mudah Budidaya Ikan Discus yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Incoming search terms:

  • Budidaya ikan discus
  • cara ternak ikan discus
  • ternak discus
  • cara budidaya ikan discus
  • budidaya discus
  • budidaya ikan discus di akuarium
  • cara budidaya ikan discus di akuarium
  • budidaya ikan hias discus
  • cara ternak ikan hias discus
  • cara beternak ikan discus
/* */