Panduan Cara Budidaya Ikan Air Tawar yang Mudah

Tuesday, November 1st, 2016 - BUDIDAYA IKAN, IKAN
Cara Budidaya Ikan Air Tawar

Cara Budidaya Ikan Air Tawar

Budidaya Ikan Air Tawar, Kini usaha budidaya ikan air tawar memang telah menjadi salah satu peluang usaha yang cukup potensial untuk dijalankan. Terutama jika dilihat dari perkembangannya, penjualan ikan air tawar di pasaran terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Harga jual dari ikan air tawar pun masih cukup tinggi, karena pasokan dari para petani masih sangat terbatas. Hal inilah yang menjadikan usaha budidaya ikan air tawar masing cukup tinggi dan menjanjikan.

Selain memiliki prospek yang sangat bagus, cara budidaya ikan air tawar juga cukup mudah dilakukan, bahkan para pemula pun bisa menjalankan bisnis ini asalkan dilakukan dengan baik dan konsisten. Namun akan terasa sulit jika tanpa memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup dalam membudidayakan ikan ari tawar.

Maka dari itu, kali ini kami akan membagikan tips dan cara budidaya kan air tawar yang baik bagi pemula. Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita simak panduan budidaya ikan air tawar dibawah berikut ini.

Cara Sukses Budidaya Ikan Air Tawar

Di dalam menjalankan usaha budidaya ikan air tawar, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar usaha ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

1. Pemilihan Kolam Budidaya Ikan Air Tawar

Kolam Budidaya Ikan Air Tawar

Kolam Budidaya Ikan Air Tawar

Kolam merupakan hal penting yang paling penting untuk dipertimbangkan, karena pastinya usaha ini tidak akan bisa berjalan tanpa memiliki kolam untuk membudidayakan. Jenis kolam yang akan digunakan pun tidak bisa sembarangan, karena pemilihan kolam sangat berperan penting dan dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam budidaya ikan air tawar.

Untuk usaha budidaya ikan skala kecil, maka pemilihan jenis kolam terpal memang pilihan tepat dan cerdas, karena selai biaya yang dibutuhkan relatif lebih kecil, cara perawatan kolam dan ikan pun lebih mudah dilakukan. Namun untuk skala besar, pemilihan jenis kolam dari tanah atau tembok sangat cocok untuk digunakan.

2. Pemilihan Bibit dan Indukan Ikan Air Tawar

Bibit dan Indukan Ikan Air Tawar

Bibit dan Indukan Ikan Air Tawar

Jika ingin berhasil dalam menjalankan usaha budidaya ikan air tawar, maka pemilihan bibit dan juga indukan harus sangat diperhatikan. Sama halnya dalam pemilihan kolam, pemilihan bibit dan indukan juga dapat berakibat fatal jika dilakukan secara sembarangan.

Dalam usaha budidaya ikan skala kecil, biasanya para petani hanya melakukan tehnik pembesaran saja, sedangkan untuk usaha budidaya skala besar rata-rata mereka menjalankan bisnis ini mulai dari pemijahan hingga pada tahapan pembesaran untuk menghasilkan ikan konsumsi.

3. Pemijahan Ikan Air Tawar

Pemijahan Ikan Air Tawar

Pemijahan Ikan Air Tawar

Di dalam usaha budidaya ikan, pemijahan merupakan proses yang paling sulit dan dibutuhkan pengetahuan serta pengalaman yang memadai agar proses pemijahan ini bisa berhasil. Proses pemijahan ini dilakukan dari awal mengawinkan hingga menetaskan telur-telur hasil dari pemijahan, proses pemijahan juga sebaiknya dilakukan sesuai dengan kondisi dari jenis ikan itu sendiri.

4. Pemberian Pakan Ikan Air Tawar

Pemberian Pakan Ikan Air Tawar

Pemberian Pakan Ikan Air Tawar

Dalam budidaya ikan air tawar, jenis pakan yang diberikan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan jenis ikan air tawar itu sendiri untuk mendukung pertumbuhannya. Pada dasarnya, tidak semua jenis ikan membutuhkan jenis pakan yang sama, karena setiap ikan membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda-beda.

Hal inilah yang menjadikan para pembudidaya sering kali mengalami kegagalan dalam budidaya ikan air tawar, karena pemberian pakan yang tidak tepat sesuai dengan anjuran sehingga dapat menyebabkan pertumbuhannya terganggu dan bahkan dapat memicu kematian.

5. Pemeliharaan Kolam Ikan Air Tawar

Pemeliharaan Kolam Ikan Air Tawar

Pemeliharaan Kolam Ikan Air Tawar

Bagi anda yang membudidayakan ikan air tawar pada kolam terpal, menjaga kebersihan kolam merupakan hal penting yang harus diperhatikan dan dilakukan secara rutin. Budidaya ikan air tawar pada air kolam yang terjaga kebersihannya dapat menghasilkan ikan yang sehat dan memiliki pertumbuhan yang maksimal. Namun jika kolam ikan tidak pernah diperhatikan kebersihannya, maka ikan-ikan akan mudah terserang penyakit dan bahkan memicu kematian.

Itulah cara ampuh budidaya ikan air tawar yang dapat kami sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua yang baru akan memulai usaha ternak ikan.

Selamat mencoba dan semoga berhasil 😀

Incoming search terms:

  • budidaya ikan air tawar
  • cara budidaya ikan air tawar
  • budi daya ikan air tawar
  • budidaya ikan konsumsi air tawar
  • budidaya air tawar
  • proses cara budidaya ikan air tawar
  • perikanan air tawar
  • cara membudidayakan ikan air tawar
  • budidaya ikan a
  • cara budi daya ikan air tawar
/* */