Dunia Ikan

4 Cara Budidaya Ikan Neon Tetra Termudah dan Cepat Besar

Cara Budidaya Ikan Neon Tetra

Cara Budidaya Ikan Neon Tetra

Budidaya Neon Tetra –Tips yang akan dibagikan kali adalah sebuah teknik bagaimana cara membudidayakan ikan neon tetra yang gampang, mudah, tidak ribet, dan pastinya membuat ikan neon tetra anda berumur panjang. Dan tips ini cocok bagi anda yang ingin atau sedang mencari referensi untuk membudidayakan ikan neon tetra ini.

Ikan neon tetra ini masih tergolong jenis ikan hias air tawar yang mudah untuk dibudidayakan. Ikan yang berukuran rata- rata 5 cm ini tergolong kebal terhadap penyakit. Dengan begitu resiko kematian ikan neon tetra anda menjadi lebih kecil.

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Neon Tetra Terbaik

Bagi anda yang belum memiliki ikan neon tetra ini, anda tidak usah takut dengan harganya. Karena ikan jenis ini memiliki harga yang relatif murah, yaitu sekitar Rp.2.000,- per ekornya. Dengan harga sebesar itu anda pasti tertarik untu membeli lebih dari satu ekor bukan. Karena ikan neon tetra terlihat lebih indah dan cantik jika mereka hidup bergerombol.

Sebelum anda memelihara ikan neon tetra ini, alangkah baiknya anda memahami klasifikasi ilmiah dari ikan neon tetra ini. Berikut adalah tabel dari klasifikasi dan sistemika ikan neon tetra.

Tabel Klasifikasi Ilmiah Ikan Neon Tetra

Klasifikasi Keterangan
Kerajaan / Kingdom Animalia
Filum / Phylum Chordata
Kelas / Class Actinopterygii
Order Characiformes
Keluarga / Family Characidae
Genus Paracheirodon
Jenis / Spesies P. innesi
Nama Ilmiah / Binomial Name Paracheirodon innesi
Penemu Dr. George Sprague Myers
Tahun Ditemukan 1936

Ciri – ciri Ikan Neon Tetra

Ciri - ciri Ikan Neon Tetra

Ciri – ciri Ikan Neon Tetra

Jenis ikan neon tetra ini merupakan jenis ikan tetra yang paling populer sekali. Hal ini karena bentuk dan warnanya yang unik sekali. Serta ikan neon tetra ini memiliki ciri – ciri yang khas sekali. Berikut adalah ciri – ciri ikan neon tetra:

  • Tubuhnya memiliki warna dasar hijau perak atau kuning kecoklatan
  • Memiliki badan yang pipih
  • Adanya garis merah yang memanjang dari tengah tubuh hingga pangkal ekornya
  • Terdapat warna biru kehijauan yang memanjang dari mata hingga pangkal ekor ikan.
  • Memiliki perut yang berwarna putih kekuningan

Setelah anda memahami klasifikasi ilmiah dan ciri – ciri dari ikan neon tetra ini, anda pasti lebih mantap dan layak untuk membudidayakan ikan neon tetra ini.

Untuk memahami bagaimana langkah dan tahapan membudidayakan ikan neon tetra ini, berikut adalah cara lengkap membudidayakan ikan neon tetra.

Tempat Pemijahan Ikan Neon Tetra

Tempat Pemijahan Ikan Neon Tetra

  1. Proses Persiapan Tempat Pemijahan Ikan Neon Tetra

Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan tempat khusus untuk pemijahan ikan neon tetra ini. Entah itu bak besar, ember, kolam, atau akuarium. Tapi saya sarankan anda menggunakan wadah akuarium saja. Karena dengan wadah ini anda dapat memantau ikan anda dengan mudah.

Lantas berapa ukuran tempat pemijahan yang harus digunakan?

Untuk ukuran akuarium ini sebaiknya anda menggunakan ukuran minimal memiliki panjang 40 cm, lebar 20 cm, dan tinggi 20 cm. Anda dapat menempelkan stiker tumbuhan laut di belakang akuarium.

Anda juga dapat menempatkan tanaman air hidup (Hydrilla) di dasar kolam. Karena tanaman ini nantinya akan digunakan sebagai tempat telur ikan neon tetra anda. Hanya saja tanaman ini harus bersih dari telur siput air dan kotoran lumpur.

Jangan lupa juga untuk selalu mengontrol kualitas air yang ada di akuarium. Karena jenis ikan neon tetra ini membutuhkan kondisi air yang berbeda untuk hidup.

Usahakan anda selalu mengatur air akuarium dalam suhu antara 22 hingga 24 derajat celcius. Selain suhu, anda juga harus mengatur tingkat keasaman air. Sebaiknya anda menggunakan air yang memiliki tingkat pH air 6.

Selamat Datang di Duniaikan.com

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*

Untuk mendapatkan air yang bagus, anda dapat menggunakan air suling atau air yang sudah diendapkan atau dibiarkan 1 hari atau 24 jam. Jadi, kesimpulannya adalah anda harus menyiapkan akuarium, memasang tanaman air, dan selalui mengontrol kondisi air akuarium.

  1. Proses Pemilihan Indukan Ikan Neon Tetra

Tahap yang kedua adalah memilih jenis indukan ikan neon tetra yang berkualitas. Mungkin bagi anda yang sudah lama menggeluti dunia ikan hias tidak akan kesulitan dalam hal ini. Tetapi bila anda masih awam atau pemula dalam hal ini anda dapat melihat uraian di bawah ini.

Tips memilih indukan ikan neon tetra yang baik:

  • Memiliki umur di atas 6 bulan
  • Memiliki panjang tubuh minimal 2,5 cm
  • Warna tubuh cerah
  • Anggota tubuh lengkap atau tidak cacat

Jangan lupa juga untuk memilih indukan jantan dan indukan betina dengan skala yang pas. Ukuran yang ideal satu akuarium adalah 3 jantan dan 3 betina. Jika anda kesulitan membedakan indukan jantan dan indukan betina anda dapat melihat ciri – ciri di bawah ini.

Perbedaan Ikan Neon Tetra Jantan dan Betina

Perbedaan Ikan Neon Tetra Jantan dan Betina

Ciri – ciri indukan ikan neon tetra jantan:

  • Indukan jantan memiliki badan yang langsing ketimbang ikan neon tetra betina
  • Mempunyai panjang tubuh yang lebih panjang (usia yang sama)
  • Terdapat garis biru dan merah yang lurus

Ciri – ciri indukan ikan neon tetra betina:

  • Indukan betina memiliki badan yang lebih bulat ketimbang ikan neon tetra jantan
  • Mempunyai panjang tubuh yang lebih pendek (usia yang sama)
  • Terdapat garis biru dan merah yang sedikit bengkok
  1. Proses Pemijahan Ikan Neon Tetra

Tahap yang selanjutnya adalah proses pemijahan. Setelah anda mengisi akuarium dengan air suling beserta tumbuhan air, masukkan semua indukan ikan neon tetra ke dalam akuarium anda. Berilah tutup di atas akuarium anda. Hal ini mencegah debu tidak masuk ke dalam akuarium dan mengotori bagian dalam akuarium.

Sebelum anda menutup akuarium berilah makanan yang cukup untuk indukan ikan neon tetra ini. Kemudian tutup semua sisi akuarium hingga gelap. Ketika malam hari, ikan neon tetra akan memijah dan ini berlangsung kurang lebih 3 hari.

Kemudian setelah 3 hari masa pijah, anda pisahkan indukan ikan neon tetra ini dan letakkan di akuarium lain yang berbeda. Karena telur ini sangat sensitif, dalam proses pengambilan indukan ikan anda harus ekstra hati – hati.

Setelah semua indukan berhasil anda keluarkan, tutup kembali akuarium pemijahan tersebut selama 1 hari penuh atau 24 jam, tanpa ada sedikit cahaya yang masuk. Karena cahaya dapat merusak telur –telur ikan neon tetra ini. Jadi jangan sekali – kali mengintip atau membuka akuarium sebelum 24 jam ya.

Mengapa kita harus menutup akuarium yang berisi telur ikan neon tetra selama 24 jam?

Karena dalam waktu 24 jam tersebut telur – telur ikan neon tetra ini akan mulai menetas. Jika anda melihat warna putih susu di dasar kolam atau di sekitar tumbuhan, hal ini berarti telur tersebut gagal dibuahi atau mati.

Sebelum anakan ikan ini berumur 4 hari, anda tidak perlu memberikan pakan kepada mereka. Hal ini karena mereka masih mempunyai cadangan makanan dan cukup untuk hidup hingga 3 hari.

Setelah burayak atau anakan ikan neon tetra ini berumur 4 hari, anda baru dapat memberikan pakan rotifera. Untuk pelepasan penutup akuarium ini harus anda lepaskan secara bertahap. Jangan membuka penutupnya sekaligus.

  1. Proses Pembesaran Larva Ikan Neon Tetra

Tahap yang terakhir adalah proses pembesaran larva, burayak, atau anakan ikan neon tetra. Dan jika anda berhasil sampai di tahap ini, saya ucapkan selamat kepada anda.

Setelah anakan ikan neon tetra berusia 10 hari dan anda melihat akuarium anda telah penuh, inilah waktunya anda memindahkan para anakan ikan neon tetra ke akuarium yang lebih besar. Minimal akurium memiliki panjang 80 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 40 cm.

Pemindahan anakan ini sebaiknya anda lakukan di waktu pagi hari, dengan mengikutkan air lama ke dalam akuarium yang baru. Berikan makanan seperti cacing beku atau micropelet setiap hari 2 atau 3 kali.

Lakukan juga pergantian air selama 2 atau 3 kali sekali. Jangan lupa jika ingin mengganti air akuarium usahakan air yang baru harus disuling atau telah diendapkan selama 24 jam. Jika ingin menghemat air anda dapat memasang filter atau alat untuk menyaring air agar tetap bersih.

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan? Ayo beli peralatan dan ikan neon tetra sekarang juga di toko ikan sekitar anda. Atau anda juga dapat membelinya di internet.

Itulah ulasan 4 cara bagaimana membudidayakan ikan neon tetra yang mudah dan cepat. Semoga informasi di atas dapat membantu anda dalam membudidayakan ikan neon tetra ini. Untuk melihat jenis – jeni ikan tetra yang termahal dan populer, anda dapat mencarinya di kolom pencarian dengan kata “jenis ikan tetra populer”. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • ikan neon
  • budidaya ikan neon tetra
  • Cara budidaya ikan hias neon tetra
  • cara ternak ikan hias neon tetra
  • budidaya ikan neon di aquarium
  • cara merawat ikan neon
  • untuk pemijahan ikan tetra ukuran akuarium yaitu
  • budidaya neon tetra
  • cara budidaya ikan neon
  • ikan manfish jantan dan betina
4 Cara Budidaya Ikan Neon Tetra Termudah dan Cepat Besar | Denny | 4.5
/* */