Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Dunia Ikan

Cara Budidaya Ikan Manfish (Angelfish) Paling Mudah

Cara Budidaya Ikan Manfish

Sumber: google.com

Budidaya Ikan Manfish – Jenis ikan hias air tawar yang satu ini merupakan jenis ikan hias yang populer di masyarakat, terutama di Indonesia. Di Negara kita ikan manfish disebut juga dengan ikan layang – layang, atau dalam dunia internasional ikan manfish ini biasa disebut dengan angelfish (bidadari atau malaikat ikan).

Ikan manfish tergolong jenis ikan yang mudah untuk dibudidayakan. Hal ini dapat dilihat dari cara ikan manfish yang tidak membutuhkan lahan yang cukup besar untuk membudidayakannya. Bahkan ada seorang petani ikan yang dapat membudidayakan ikan manfish dalam sebuah paso (lempengan mirip guci yang terbuat dari tanah liat).

Selain itu ikan manfish juga mempunyai kemampuan bertelur yang cukup tinggi. Hal ini dapat menguntungkan anda dalam hal waktu. Sehingga anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan anakan ikan manfish dalam jumlah yang banyak.

Cara Mudah Budidaya Ikan Manfish Terbaru

Hanya saja yang banyak menjadi kendala adalah proses perawatan anak atau burayak ikan manfish. Dimana mereka membutuhkan kualitas air dan pakan yang tepat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan pertumbuhan mereka.

Tetapi hal di atas bukanlah masalah serius jika anda mengetahui solusi atau cara mengatasinya. Bagi anda yang sudah pengalaman di bidang budidaya ikan manfish ini mungkin akan tanggap dan tangkas dalam menangani para anakan ikan manfish ini.

Berbeda bagi anda yang masih pemula dalam bidang budidaya ikan manfish. Anda harus punya keinginan yang kuat untuk belajar agar berhasil dalam budidaya ikan manfish ini.

Untuk memperjelas bagaimana cara budidaya ikan manfish ini, berikut adalah beberapa tips lengkap membudidayakan ikan manfish bagi pemula.

  1. Proses Persiapan Tempat Pemijahan Ikan Manfish

Tahap yang pertama adalah mempersiapkan wadah atau tempat sebagai memijah ikan manfish anda. Wadah yang anda gunakan, ukurannya harus ideal. Tapi berapa ukuran yang ideal untuk tempat memijah ikan manfish ini?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda perhaikan dalam memijah ikan manfish anda.

  • Kolam Semen atau Tanah Liat

Untuk anda yang menggunakan kolam semen / tanah liat sebagai tempat memijah ikan manfish, anda dapat menggunakan kolam yang berukuran 100 x 100 x 80 cm.

Kolam yang baru selesai dibuat tidak dapat langsung digunakan untuk tempat memijah ikan manfish. Anda harus menghilangkan bau semen dari akuarium ini sendiri. Untuk menghilangkannya anda dapat merendam kolam dengan air selama 4 minggu.

Setelah 4 minggu kosongkan kolam dari air, kemudian keringkan. Setelah kolam kering, isilah kolam dengan air setinggi 50 – 70 cm. Endapkan air selama satu hari atau 24 jam. Jika sudah selesai, ikan manfish siap dimasukkan.

  • Akuarium

Setelah anda membaca persiapan kolam semen atau tanah liat di atas, berikut adalah persiapan tempat memijah yang menggunakan akuarium sebagai medianya.

Untuk ukurannya, anda dapat menggunakan akuarium yang berukuran 100 x 75 x 50 cm. Untuk tebal kacanya, anda dapat menggunakan kaca yang memiliki ketebalan minimal 5 – 6 mm.

Akuarium yang anda gunakan haruslah bersih. Untuk memastikan kebersihan akuarium ini, anda dapat menggunakan busa dan selang air. Dimana busa ini berfungsi untuk menyikat dinding – dinding akuarium dan selang air berfungsi untuk mengalirkan air ke dalam akuarium.

Setelah akuarium bersih kemudian isilah akuarium dengan air dari selang hingga setinggi 30 cm. Kemudian biarkan air mengendap selama minimal 1 hari atau 24 jam. Proses ini berfungsi untuk menjernihkan air dan menetralkan air dari zat – zat yang berbahaya yang nantinya dapat berakibat buruk pada ikan manfish.

  • Tempat Bertelur

Ikan manfish merupakan jenis ikan yang menempelkan telurnya ketika bertelur. Ikan manfish dalam habitat aslinya, dalam bertelur mereka akan menempelkan telurnya di daun atau tempat lainnya yang aman. Karena kita dalam proses budidaya ikan manfish buatan, makan kita harus menyiapkan tempat bertelur ikan manfish ini sendiri.

Dalam tahap ini anda dapat menggunakan benda yang licin atau memiliki pori – pori yang sangat kecil. Contohnya seperti pipa paralon dan pecahan botol.

Jika anda ingin menggunakan tanaman, anda dapat menggunakan jenis tanaman seperti sagitaria. Dimana tanaman ini memiliki daun yang panjang dan kuat.

  • Suhu

Jangan lupa juga untuk selalu mengecek suhu dan pH air akuarium anda. Untuk suhu akuarium, idealny adalah diantara 24 – 26 derajar Celcius. Untuk meningkatkan suhu air anda dapat menggunakan alat pemanas atau heater. Dan untuk mengukur suhu akuarium anda dapat menggunakan alat thermometer.

Selamat Datang di Duniaikan.com

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*
  • Keseimbangan pH Air

Sedangkan untuk pH air, idealnya adalah 6,8 – 7. Anda dapat mengukur kadar asam basa kolam anda menggunakan alat pH – meter. Dengan begitu anda akan lebih mudah dalam mengontrol air kolam.

  1. Proses Pemilihan Indukan Ikan Manfish

Tahap yang kedua adalah proses pemilihan indukan ikan manfish yang berkualitas. Sebelum anda memilih indukan ikan manfish yang berkualitas, sebaiknya anda harus tahu ciri – ciri ikan manfish betina dan ikan manfish jantan.

Inilah Perbedaan Ikan Manfish Jantan dan Betina

Perbedaan Ikan Manfish Jantan dan Betina

Sumber: google.com

Untuk membedakan ikan manfish jantan dan betina, berikut adalah ciri – ciri ikan manfish jantan dan ikan manfish betina.

Ciri – ciri ikan manfish jantan:

  • Dalam umur yang sama, tubuhnya berukuran lebih besar ketimbang ikan manfish betina,
  • Bentuk dahi lebih besar dan tebal,
  • Sirip dada bercabang,
  • Di bagian perut terdapat sedikit benjolan runcing dan tipis, dan
  • Memiliki perut yang pipih dan ramping.

Ciri – irri ikan manfish betina:

  • Memiliki ukuran badan yang lebih kecil ketimbang ikan manfish jantan,
  • Bentuk dahi lebih kecil atau tipis,
  • Sirip dada halus atau tidak bercabang,
  • Di bagian perut ikan tidak memiliki benjulan atau tumpul, dan
  • Memiliki bentuk perut yang lebih besar.

Setelah anda mengetahui cara membedakan ikan manfish jantan dan betina, langkah selanjutnya adalah memilih ikan manfish yang siap untuk dipijah. Untuk mengetahui bagaimana cara memilih indukan ikan manfish yang berkualitas, berikut adalah cara lengkapnya.

  • Memiliki umur minimal 7 bulan,
  • Memiliki panjang tubuh minimal 7,5 cm,
  • Saling kejar mengejar sesama pasangan atau sering bersamaan.

Bagaimana? Sampai di sini anda pasti sudah tidak sabar lagi apa proses selanjutnya dari budidaya ikan ini. Oke, mari kita lanjutkan.

  1. Proses Pemijahan Ikan Manfish

Tahap yang berikutnya adalah tahap yang ke tiga, yaitu proses pemijahan ikan manfish. Untuk membuat ikan manfish merasa seperti di habitat asalnya, anda dapat memberikan tanaman eceng gondok atau tanaman lain yang mengapung di atas air.

Ikan manfish merupakan jenis ikan hias yang sering bertelur di malam hari. Karena di malam hari memiliki suasana yang sepi, tenang, dan gelap. Untuk memberikan efek gelap tambahan, anda dapat menempelkan kertas gelap di bagian luar akuarium.

Jika sudah waktunya memijah, ikan manfish betina akan menempelkan telur – telur mereka di tempat yang sudah disediakan. Kemudian ikan manfish jantan akan membuahi telur – telur ikan manfish betina. Dan mereka akan selalu menjaga telur – telur tersebut.

Dalam sekali bertelur, ikan manfish betina dapat mengeluarkan telur sebanyak 300 – 400 butir. Usahakan anda meningkatkan suhu air menjadi sekitar 27 – 31 derajat Celcius.

Setelah telur ini berumur 1 – 3 hari, mereka akan menetas dan menjadi larva atau burayak. Biasanya, setelah telur – telur mereka menetas, indukan ikan manfish akan mengumpulkan anakan ikan manfish di persembunyian. Seperti di paralon atau di permukaan daun.

  1. Proses Pembesaran Anakan Ikan Manfish

Tahap yang terakhir yaitu proses pembesaran anakan ikan manfish. Banyak yang bilang proses ini merupakan proses yang banyak ditunggu – tunggu oleh para budidaya ikan hias seperti anda.

Karena di tahap ini anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah. Dimana anakan ikan manfish yang menggerombol dan banyak tersebut membuat anda menjadi kagum dan tercengang. Betapa besar kekuasaan Tuhan.

Setelah burayak (anakan ikan) manfish ini berumur 5 hari, mereka biasanya sudah dapat berenang dan induk mereka akan melepaskan anakan mereka secara bebas. Dalam waktu inilah anda dapat mengambil anakan ikan manfish dengan alat seser halus.

Kemudian anakan ikan manfish dideder atau dipindahkan ke akuarium yang lebih luas. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan pertumbuhan dari anakan ikan manfish dan membuat indukan ikan manfish agar siap dikawinkan kembali.

Bagi anakan ikan manfish yang berumur 1 minggu, ukuran kolam yang ideal adalah 200 x 100 x 40 cm atau 300 x 100 x 30 cm. Sedangkan untuk makanan yang baik untuk anakan ikan manfish adalah cacing merah, cacing sutera, dan kutu air yang tidak disaring.

Setelah anakan ikan manfish semakin besar dan akuarium anda terasa penuh, langkah selanjutnya adalah memindahkan ikan ke dalam akuarium baru. Kolam yang berukuran 200 x 100 x 30 cm, jumlah ikan manfish yang ideal adalah 100 – 150 ekor.

Bagaimana, mudah sekali bukan?

Demikianlah artikel tentang cara budidaya ikan manfish (angelfish) paling mudah. Semoga informasi di atas dapat membantu anda dalam membudidayakan ikan manfish. Jangan lupa untuk membaca artikel budidaya ikan hias lainnya di website duniaikan.com ini. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • cara membedakan ikan manfish jantan dan betina
  • ciri ikan manfish jantan dan betina
  • perbedaan ikan manfish betina dan jantan
  • perbedaan ikan manfish
  • cara membedakan jantan betina ikan manfish
  • budi daya menfis
  • ternak manfish
  • cara budidaya manfish
  • beda ikan manfish jantan dan betina
  • cara membedakan ikan manfish betina dan jantan
Cara Budidaya Ikan Manfish (Angelfish) Paling Mudah | Denny | 4.5
/* */