Cara Budidaya Ikan Sidat Terbaru 2017

Sunday, November 6th, 2016 - BUDIDAYA IKAN, IKAN
Cara Budidaya Ikan Sidat

Cara Budidaya Ikan Sidat

Cara Budidaya Ikan Sidat, Ikan sidat adalah salah satu jenis ikan yang memiliki bentuk tubuh mirip dengan belut sawah, hanya saja ukurannya lebih besar. Ikan sidat saat ini begitu diminati banyak kalangan masyarakat, tidak hanya oleh masyarakat lokal tetapi juga dari mancanegara yang sedang berkunjung ke Indonesia.

Rasa daging ikan sidat sangat enak dan kaya akan kandungan nutrisinya, sehingga ikan bertubuh unik ini harganya cukup tinggi di pasaran. Selain itu, banyak orang dari luar negeri yang datang dan mencoba untuk mencari bibit ikan sidat untuk di budidayakan di negara mereka, karena di luar negeri harga ikan sidat ini sangat mahal dan sangat potensial untuk dibudidayakan.

Panduan Budidaya Ikan Sidat yang Cepat Panen

Mengingat prospek usaha budidaya ikan sidat ini sangat bagus, maka banyak masyarakat lokal yang mencoba untuk menjalankan usaha budidaya ini. cara budidaya ikan sidat terbilang sukup mudah, karena ikan sidat lebih kuat dan mudah beradaptasi dengan habitat barunya. Meskipun tidak sesult membudidayakan jenis ikan air tawar lainnya, namu anda juga tetap harus memiliki pemahaman dan pengalaman yang cukup untuk menunjang keberhasilan dalam membudidayakan ikan ini.

Maka dari itu, kali ini kami aka mencoba untuk membagikan tips dan cara budidaya ikan sidat. Budidaya ikan sidat dapat dilakukan pada media kolam tanah, tembok dan juga terpal. Namun pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara membudidayakan ikan sidat pada kolam terpal. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasannya dibawah berikut ini.

Cara Budidaya Ikan Sidat Pada Kolam Terpal

  1. Persiapan Kolam Terpal
Persiapan Kolam Terpal

Persiapan Kolam Terpal

Ukuran kolam terpal untuk membudidayakan ikan sidat ini dapat disesuaikan dengan luas lahan dan jumlah bibit yang akan di budidayakan. Namun yang paling penting yaitu pastikan kedalaman kolam tidak kurang dari 1.5 meter. Kolam jenis terpal ini bisa bertahan cukup lama sekitar 5 tahun, namun tergantung dari tingkat perawatan pada kolam itu sendiri. Jika ada bagai terpal yang sobek, maka terpal harus diganti dengan terpal baru. Perawatan kolam terpal harus dilakukan secara rutin mulai dari memberihkan dari sisa-sisa makanan, membersihkan kolam ikan ini bisa dilakukan minimal 10 hari sekali.

  1. Pemilihan Bibit Ikan Sidat
 Pemilihan Bibit Ikan Sidat

Pemilihan Bibit Ikan Sidat

Untuk mendapatkan bibit sidat yang berkualitas bagus, kita bisa mendapatkannya dari para peternak atau pembudidaya ikan sidat yang sudah berpengalaman. Untuk jumlahnya dapat disesuaikan dengan luas kolam dan juga biaya untuk pemeliharaannya, karena semakin besar ukuranya semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan untuk biaya pakan. Ciri-ciri bibit ikan sidat yang berkualitas yaitu memiliki tubuh sehat, tidak terdapat cacat fisik, berwarna cerah dan memiliki pergerakan yang lincah.

  1. Pemberian Pakan
Pemberian Pakan Ikan Sidat

Pemberian Pakan Ikan Sidat

Agar bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal, maka lakukan pemberian pakan secara rutin dan teratur dengan diberikan jenis pakan yang memiliki kandungan nutrisi yang pas sesuai kebutuhan ikan sidat itu sediri. Paka ikan sidat harus memiliki kandungan protein tinggi sekitar 45%, mengandung karbohidrat sekitar 15% dan kandungan lemak sekitar 20%. Pemberian pakan dapat dilakukan 3-4 kali sehari sesuai dengan kebutuhan ikan, pemberian pakan  dapat dilakukan pada pagi, siang dan sore hari.

  1. Pemeliharaan Ikan Sidat
Pemeliharaan Ikan Sidat

Pemeliharaan Ikan Sidat

Untuk mendapatkan hasil panen yang baik, maka cara budidaya ikan sidat pun harus dilakukan dengan baik. lakukan pemeliharaan secara intensif mulai dari pengelolaan air, pemeriksaan kesehatan ikan, penanganan penyakit dan lain sebagainya.

Bagaimana, cukup mudah bukan?

Sekian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai cara budidaya ikan sidat pada kolam terpal, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua.

Terima masih atas waktu dan kunjungannya, selamat mencoba dan semoga berhasil 😀

Incoming search terms:

  • harga ikan sidat 2017
  • harga sidat 2017
  • harga bibit ikan sidat
  • harga bibit sidat 2017
  • harga bibit ikan sidat 2017
  • persiapan kalom ikan sidat
  • bibit sidat
  • cara daftar sidat kita
  • cara budidaya sidat di kolam beton
  • budidaya sidat di kolam beton
/* */