Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Dunia Ikan

Teknik dan Cara Budidaya Ikan Lemon Terbaik dan Terbaru

Cara Budidaya Ikan Lemon

Cara Budidaya Ikan Lemon

Budidaya Ikan Lemon – Ikan yang memiliki warna khas kuning ini merupakan jenis ikan yang populer di pasaran. Warnanya yang indah dan cantik ini menjadikan ikan ini memiliki banyak peminatnya. Selain itu, harganya yang murah membuat ikan ini bisa dimiliki oleh siapapun. Mulai dari anak – anak SD hingga orang kantoran sekalipun.

Asal mula ikan lemon ini adalah berasal dari Negara Afrika. Namun ikan lemon yang ada di toko – toko ikan Indonesia sekarang bukanlah hasil dari ikan lemon impor dari Afrika. Namun hasil dari budidaya dari petani ikan di Indonesia sendiri.

Inilah Tips Mudah Budidaya Ikan Lemon Bagi Pemula

Ikan yang memiliki tubuh dan warna yang cantik ini membuat ikan lemon memiliki banyak peminatnya. Warnanya yang mirip sekali dengan buah lemon ini membuat permintaan pasar semakin meningkat.

Dengan warna kuning yang cerah tersebut membuat ikan lemon ini bagus untuk dipelihara di akuarium rumah atau tempat kerja anda. Selain sebagai penghias ruangan, keindahan ikan ini membuat pikiran anda rikeks dan tenang kembali.

Melihat latar belakang ikan lemon tersebut mungkin dari anda muncul keinginan untuk membudidayakannya. Bagi anda yang belum pernah membudidayakan ikan lemon mungkin bingung apa saja yang harus dilakukan.

Contoh Cara Ternak Ikan Lemon Terbaik di Indonesia

Di bawah ini merupakan beberapa tips mudah bagaimana cara budidaya ikan lemon mulai dari persiapan kolam hingga proses pembesaran anakan ikan lemon. Silahkan anda simak ulasan berikut selengkapnya.

  1. Proses Persiapan Tempat Pemijahan Ikan Lemon

Tahap pertama yang anda lakukan adalah menyiapkan wadah, air, dan tumbuhan air sebagai tempat tinggal ikan lemon anda. Disini kita akan menggunakan wadah akuarium sebagai contohnya. Selain akuarium, anda dapat menggunakan tempat lainnya seperti kolam, bak besar, atau ember.

  • Akuarium

Akuarium yang anda gunakan haruslah ideal atau pas dengan ukuran untuk memijah ikan lemon ini. Lantas berapa ukuran ideal akuarium untuk ikan lemon? Untuk ukuran minimal akuarium ikan lemon sebagai tempat pemijahan adalah 100 x 50 x 40 cm.

  • Air

Sebelum anda memasukkan air ke dalam akuarium, sebaiknya anda membiarkan air tersebut mengendap hingga minimal 1 hari atau 24 jam. Setelah air anda siap, masukkan air ke dalam akuarium hingga tingginya setengah akuarium anda.

  • Tanaman Air (Hydrilla)

Gunakan tamanan air (hydrilla) ini di dalam akuarium anda. Mengapa harus menggunakan tanaman air ini? Karena tanaman air ini berfungsi untuk meletakkan telur – telur dari ikan lemon anda. Atau anda dapat menggunakan potongan – potongan pipa untuk tempat memijah ikan.

Sebelum anda menggunakan tanaman air ini, sebaiknya anda cek dahulu kondisi tanaman tersebut. Apakah masih ada tanah dan siput yang masih menempel di tanaman tersebut. Anda harus memastikan kondisi tanaman tersebut bersih secara maksimal.

  1. Proses Pemilihan Indukan Ikan Lemon

Mengapa kita harus memilih indukan  dari ikan lemon? Apakah sangat berpengaruh dengan keberhasilan budidaya ikan lemon ini?

Jawabannya adalah sangat berpengaruh. Karena jika indukan anda kurang bagus, maka anakan dari ikan lemon anda dapat dipastikan 90% akan kurang bagus juga. Oleh sebab itu anda harus memilih indukan yang berkualitas agar anakan dari ikan anda juga berkualitas.

Sebelum anda memilih indukan yang berkualitas, anda harus dapat membedakan mana ikan lemon yang jantan dan mana ikan lemon yang betina. Karena di luar sana masih banyak sekali yang kurang paham cara membedakan kelamin ikan lemon ini.

Perbedaan Ikan Lemon Jantan dan Betina

Perbedaan Ikan Lemon Jantan dan Betina

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk membedakan ikan lemon jantan dan ikan lemon betina.

Selamat Datang di Duniaikan.com

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*

Ciri – ciri ikan lemon jantan:

  • Memiliki tubuh yang lebih panjang
  • Memiliki ukuran tubuh yang lebih besar
  • Ukuran kepalanya lebih besar
  • Memiliki warna kuning yang lebih cerah
  • Ukuran sirip perut ikan lebih panjang
  • Sirip perut berwarna hitam

Ciri – ciri ikan lemon betina:

  • Memiliki tubuh yang lebih pendek
  • Memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil
  • Memiliki kepala yang ukurannya lebih kecil
  • Warna kuning di tubuh ikan lemon betina lebih kusam ketimbang ikan lemon jantan
  • Panjang sirip perut ikan lemon betina lebih pendek
  • Warna sirip perut berwarna kuning atau cerah

Setelah anda mengenali mana ikan lemon jantan dan mana ikan lemon yang betina, langkah selanjutnya adalah memilih indukan ikan lemon yang berkualitas. Bagaimana cara memilih indukan ikan lemon yang berkualitas?

Berikut adalah cara terbaik memilih indukan ikan lemon yang berkualits.

  • Usahakan ikan memiliki umur di atas 7 bulan
  • Memiliki gerakan yang lincah atau sehat
  • Memiliki anggota badan yang lengkap

Bagaimana? Sangat mudah sekali bukan. Tapi meskipun kelihatannya mudah, anda harus tetap fokus dalam memilih indukan ini.

  1. Proses Pemijahan Ikan Lemon

Setelah anda menemukan indukan yang berkualitas, langkah selanjutnya adalah memasukkan ikan tersebut ke dalam kolam akuarium. Atau proses ini biasa disebut dengan proses pemijahan.

Proses ini biasa ditandai dengan kedua indukan ikan lemon anda saling kejar – kejaran dan selalu bersamaan kemanapun. Hal ini menandakan mereka sudah jodoh dan akan kawin.

Tunggu hingga mereka mengendap – endap di bawah atau di dasar akuarium. Karena jika mereka melakukan hal tersebut, berarti mereka akan bertelur. Itulah sebabnya anda harus meletakkan tumbuhan atau potongan pipa di dasar akuarium. Yang tidak lain bertujuan untuk tempat sarang bertelur bagi ikan lemon betina anda.

Dalam musim bertelur, ikan lemon betina dapat menghasilkan telur sekitar 100 butir. Lumayan banyak bukan. Dan telur – telur ini akan menetas dalam kurun waktu sekitar 4 hari.

Di tahap ini anda dapat memisahkan indukan ikan lemon anda atau tetap mencampurkan mereka di dalam satu kolam dengan telur ikan lemon. Tetapi saran saya lebih baik anda memindahkan indukan dari ikan lemon ini. Karena untuk mencegah indukan ikan lemon memangsa anak mereka sendiri.

  1. Proses Pembesaran Anakan Ikan Lemon

Setelah proses pemijahan, langkah selanjutnya adalah proses pembesaran anakan ikan lemon anda. Anakan ikan di dalam dunia ikan biasa disebut dengan sebutan burayak.

Setelah telur ikan lemon berumur 4 hari, mereka akan menetas. Dan tugas anda selanjutnya adalah memberi mereka pakan alami. Untuk jenis pakan alami ini anda dapat memberi mereka cacing beku, kutu air, micropelet (pelet berukuran kecil), atau infusoria (makhluk kecil yang biasa hidup di air tawar).

Pemberian pakan ini dapat anda lakukan 3 kali sehari. Dengan begitu burayak ikan lemon anda akan cepat besar dan memenuhi kolam akuarium anda.

Jika akuarium terlihat sudah mulai penuh dan membuat gerak ikan kurang leluasa, maka anda harus memindahkan mereka semua atau sebagian ke dalam akuarium yang lebih luas.

Sebelum anda memindahkan ikan – ikan lemon ini, jangan lupa untuk mengendapkan air selama minimal 24 jam atau 1 hari. Setelah itu baru anda masukkan ikan – ikan lemon anda tersebut ke dalam akuarium.

Catatan: Untuk meningkatkan jumlah sel telur ikan, anda dapat memberi pakan jentik nyamuk atau cacing sutera (tubifex) pada ikan lemon anda.

Bagaimana, apakah anda sudah paham cara budidaya ikan lemon sekarang? Pastinya sudah paham ya.

Demikian adalah 4 teknik dan cara budidaya ikan lemon yang terbaik dan terbaru. Semoga tulisan di atas dapat membantu anda yang sedang mencari informasi tentang cara membudidayakan ikan lemon. Lihat juga cara – cara budidaya ikan hias lainnya di menu budidaya ikan di atas. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • Budidaya ikan lemon
  • cara budidaya ikan lemon
  • ternak ikan lemon
  • ikan lemon jantan dan betina
  • cara membedakan ikan lemon fish jantan dan betina
  • anak ikan lemon
  • ikan lemon betina
  • cara ternak ikan lemon di aquarium
  • cara kembang biak lemon
  • umur berapa indukan ikan lemon
Teknik dan Cara Budidaya Ikan Lemon Terbaik dan Terbaru | Denny | 4.5
/* */