Panduan 8 Cara Budidaya Ikan Hias yang Menguntungkan

Friday, October 28th, 2016 - BUDIDAYA IKAN, IKAN, IKAN HIAS
Cara Budidaya Ikan Hias

Cara Budidaya Ikan Hias

Cara Budidaya Ikan HiasTentunya hobi setiap orang itu berbeda-beda, bagi anda yang memiliki hobi memelihara ikan hias, mungkin informasi cara budidaya ikan hias yang akan kami bahas akan sangat bermanfaat untuk anda semua. Bagi mereka yang hobi memelihara ikan hias, biasanya mereka akan sangat senang dan rela untuk duduk dalam jangka waktu yang lama hanya untuk melihat keindahan dari jenis-jenis ikan hias yang dipeliharanya. Bahkan mereka pun rela untuk merogoh kocek yang cukup dalam hanya untuk membeli ikan hias yang disenanginya, namun karena memang sudah hobi harga ikan hias yang mahal sepertinya bukanlah masalah bagi mereka.

Tidak sedikit para pecinta ikan hias yang menyalurkan hobi ini untuk dijadikan sebagai peluang usaha budidaya ikan hias, karena potensi dari budidaya ikan hias ini sangat menjanjikan. Modal yang dibutuhkan untuk budidaya ikan hias tidak terlalu besar dan bahkan peluang usaha ini dapat dijalankan oleh mereka yang masib pemula, karena budidaya ikan hias tidak memerlukan perawatan khusus terutama untuk jenis ikan hias air tawar. Cara budidaya ikan hias ini cukup mudah, asalkan dijalankan dengan serius dan penuh kesabaran.

Bagi anda yang tertarik untuk mencoba menggeluti bisnis budidaya ikan hias, mungkin panduan budidaya ikan hias yang akan kami bahas berikut ini bisa bermanfaat untuk anda semua. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak panduan lengkapnya dibawah berikut ini.

Inilah Cara Sukses Budidaya Ikan Hias

Berikut ini merupakan beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam budidaya ikan hias, yaitu :

  1. Tempat Pemeliharaan Ikan Hias
 Tempat Pemeliharaan Ikan Hias

Tempat Pemeliharaan Ikan Hias

Umumnya, tempat yang sering digunakan untuk memelihara ikan hias yaitu akuarium, kolam semen, kolam terpal dan wadah lainnya yang bisa menampung air dengan ukuran yang cukup beragam. Bahkan a kita juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang dapat menampung air yang cukup untuk memelihara ikan hias, pastikan juga ukurannya disesuaikan dengan ukuran ikan hias yang akan di budidayakan atau dipelihara.

  1. Kualitas Air
kualitas-air

Kualitas Air

Setiap jenis ikan hias memiliki lingkungah hidup yang berbeda-beda, beberapa hal yang paling berpengaruh yaitu kualitas air, suhu, pH, oksigen dan juga tingkat kecerahan air. Sebelum memulai untuk membudidayakan ikan hias, persiapkan terlebih dahulu air yang memiliki kandungan kimiawi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Setidaknya, suhu air minimal sekitar 24-30°C dengan tingkat keasaman air (PH) sekitar 7-8, memiliki oksigen larut lebih dari 3 ppm dan tingkat kecerahan air berkisar antara 30-60 cm.

Air yang digunakan bisa kita peroleh dari berbagi sumber seperti mulai dari air sumur, sungai ataupu air PAM. Sebelum air digunakan, sebaiknya air didiamkan terlebih dahulu selama 12-24 jam agar kandungan gas yang terdapat pada air menghilang dan juga oksigen larutnya berkurang. Sedangkan untuk menetralkan pH airnya dapat dilakukan dengan cara menaburkan kapur pertanian dengan dosis secukupnya sesuai dengan jumlah air. setelah air diendapkan selama 24 jam, maka air sudah siap digunakan dan ikan hias dimasukan kedalam akuarium.

  1. Jenis Pakan Ikan Hias
Jenis Pakan Ikan Hias

Jenis Pakan Ikan Hias

Jenis pakan yang baik untuk ikan hias yaitu bisa diberikan jenis pakan alami ataupun buatan. Jenis pakan alami yang baik untuk diberikan pada ikan hias yaitu seperti kutu air, jentik nyamuk, cacing sutera, serangga kecil dan masih banyak lagi jenis pakan ikan hias lainnya. Sedangkan untuk jenis pakan buatan yang dapat diberikan yaitu pakan berbentuk pelet yang dapat dengan mudah kita beli di toko-toko perikanan dengan takaran protein yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan ikan hias yang dipelihara.

  1. Pemilihan Calon Indukan Ikan Hias
Pemilihan Calon Indukan Ikan Hias

Pemilihan Calon Indukan Ikan Hias

Di dalam menjalankan udaha budidaya ikan hias, tentunya sangat dibutuhkan keterampilan dalam melakukan pemijahan ikan hias agar menghasilkan anakan ikan hias yang berkualitas. Dalam melakukan proses pemijahan ini, siapkan indukan jantan dan betina yang sudah siap dipijahkan. Untuk indukan betina harus sudah cukup umur dan telah matang gonad. Untuk mengenali ciri-ciri indukan betina yang telah siap kawin dan matang gonda yaitu memiliki ciri-ciri seperti perut membesar menghadap kearah genital dan jika diraba perut terasa lembek serta permukaan kulitnya terasa halus. Alat kelaminya agak menonjol dan jika diurut akan megeluarkan telur, sedangkan untuk indukan jantan jila perutnya diurut akan mengeluarkan cairan berwarna putih (sperma).

Sebelum dilakukan proses pemijahan, kondisi kedua indukan harus dalam kondisi sehat, tidah sedang terjangkit penyakit dan memiliki riwayat keturunan yang bagus agar menghasilkan anakan yang berkualitas. Untuk mendapatkan kriteria indukan seperti ini, anda bisa membelinya dari para peternak lain atau dari hasil budidaya sendiri.

  1. Proses Pemijahan Ikan Hias
Proses Pemijahan Ikan Hias

Proses Pemijahan Ikan Hias

Dalam langkah pemijahan ikan hias atau proses pembuahan pada telur-telurnya biasanya dapat berlangsung baik secara internal maupun eksternal, karena ikan hias sendiri ada yang berkembang biak dengan cara bertelur dan juga ada yang beranak. Setiap jenis ikan hias membutuhkan proses pemijahan yang berbeda-beda, agar proses pemijahan ini dapat berlangsung dengan baik dan mudah dibutuhkan media, bahan dan juga alat khusus yang dibutuhkan dalam melakukan proses pemijahan.

Untuk jenis ikan hias yang tidak dapat melakukan pemijahan sendiri atau pemijahan secara alami, maka dapat dilakukan dengan sistem suntik yaitu dengan menyuntikan hormon perangsang pada tubuh indukan betina agar dapat melakukan proses pemijahan sendiri. Jika indukan tidak bisa memijah dengan sendirinya setelah dilakukan penyuntikan hormon perangsang, maka perut ikan bisa diurut untuk mengeluarkan semua telur-telurnya atau dikenal dengan istilah stripping.

  1. Proses Penetasan Telur Ikan Hias
Proses Penetasan Telur Ikan Hias

Proses Penetasan Telur Ikan Hias

Proses penetasan telur-telur ikan hias biasanya dapat berlangsung selama 24 jam dan kemudian akan menjadi larva. Proses penetasan ini dapat dilakukan di dalam akuarium dan proses penetasan telur ikan hias berbeda-beda, ada yang dibiarkan bersama dengan indukannya dan ada juga yang dibiarkan tanpa indukan. Hal ini tergantung dari jenis ikan hias yang dibudidayakan.

  1. Perawatan dan Pemeliharaan Larva Ikan Hias
Perawatan dan Pemeliharaan Larva Ikan Hias

Perawatan dan Pemeliharaan Larva Ikan Hias

Telur yang sudah menetas dan menjadi larva, maka segera pindahkan larva pada akuarium dengan air yang baru. Pada awal telur menetas hingga larva berumur 1 minggu, larva-larva tersebut tidak perlu diberi makan, karena di dalam tubuh larva sudah memiliki cadangan makanan berupa kuning telur. Sete;ah berumur 1 minggu, maka larva harus diberikan makan secara rutin setiap hari. Jenis pakan yang diberikan yaitu seperti jentik nyamuk, kutu air, cacing sutera dan jenis pakan alami lainnya atau juga dapat diberikan jenis pakan buatan khusus untuk larva yang dapat di beli di toko perikanan. Setelah larva menjadi benih ikan hias, maka jenis pakan yang diberikan mulai diganti yaitu dengan menggunakan pelet dan juga pakan tambahan berupa kroto semut rangrang. Sesuaikan pemberian pakan, jangan terlalu banyak ataupun sedikit, karena jika pemberian pakan dilakuakan secara berlebihan dapat mempengaruhi kualitas air dan mempengaruhi terhadap kesehatan ikan hias itu sendiri.

  1. Pemasaran Ikan Hias
Pemasaran Ikan Hias

Pemasaran Ikan Hias

Setelah ikan hias sudah siap dipasarkan, maka kita dapat memasarkannya sediri secara langsung ke konsumen atau juga dapat menjualnya ke pengepul/toko perikanan yang menjual berbagai jenis ikan hias.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara budidaya ikan hias?

Demikian panduan cara budidaya ikan hias yang dapat kami sampaikan, semoga informasi yang telah kami bagikan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Selamat mencoba dan semoga berhasil 😀

Incoming search terms:

  • budidaya ikan hias
  • cara budidaya ikan hias
  • cara ternak ikan hias
  • ternak ikan hias
  • cara budi daya ikan hias
  • cara berternak ikan hias
  • trend ikan hias 2017
  • cara beternak ikan hias
  • cara membudidayakan ikan hias
  • beternak ikan hias air tawar
/* */